Software SIMAK Accounting telah berkembang menjadi lebih kumplit, karena team kami selalu mendengar keluhan dan kebutuhan pemakai software, di lain sisi fitur-fitur tersebut yang diinginkan oleh klien belum semuanya terdokumentasi bahkan disisi lain apa yang sangat dibutuhkan oleh satu perusahaan malah menjadi bukan yang penting bagi perusahaan lainnya, oleh karena itu kami membuatkan sistim variabel yang dapat anda setting seting mengikuti kebutuhan perusahaan.

Dibawah ini adalah dokumentasi beberapa seting yang mungkin belum terdokumentasi oleh buku manual:

1. Mengaktifkan fitur keamanan

Fitur ini dipakai untuk mengkondisikan beberapa pemakai untuk memakai login dan password yang berhak sesuai dengan jabatan dan fungsinya. Untuk mengaktifkan klik Menu->Tools->Options->Setting Perusahaan kemudian contreng Security ON dan simpan.

2. Menampilkan Statusbar

Statusbar biasanya berisi informasi tentang suatu proses atau user yang sedang login beserta database yang dipakai. Untuk mengaktifkan klik Menu->Tools->View Statusbar

3. Menampilkan Left Tool Navigation

Tool ini biasa dipakai untuk menampilkan daftar transaksi harian ataupun data master secara bentuk tabel, sehingga memudahkan anda mencari data suatu master atau transaksi. Menu ini diaktifkan Menu->Tools->View Navigation Aid

4. Nomor bukti jurnal agar otomatis nomor selanjutnya.

Normalnya nomor bukti diinput secara manual sesuai dengan nomor bukti transaksi yang masuk, misalnya nomor voucher untuk kas keluar. Namun ada juga nomor mengikuti sistim untuk nomor jurnal selanjutnya, untuk hal itu dapat anda aktifkan dengan Menu->Tools->Options->Setting: Akunting dan GL kemudian contreng Penomoran otomatis untuk jurnal umum.

5. Menggabungkan akun yang sama dalam suatu jurnal

Proses posting otomatis jurnal akan membuat baris-baris jurnal yang baru lagi walaupun masih sama akunya, contohnya waktu anda posting faktur penjualan dengan beberapa item barang yang akunya sama, maka di jurnal akan tertulis akun penjualan, cogs, inventory berkali-kali sesuai banyaknya baris item barang, ini berguna apabila anda ingin mengecek kebenaran jurnal yang dibuat oleh komputer, namun anda bisa menggabungkan akun yang sama dengan mengaktifkan Menu->Tools->Options->Setting: Akunting dan GL kemudian contreng Gabung Jurnal untuk kode akun yang sama.

6. Posting transaksi secara massal.

SIMAK Accounting tidak secara otomatis membuat jurnal ketika transaksi-transaksi di simpan ke database, anda masih bisa memposting secara manual atau anda bisa juga membuat unposting apabila masih ada koreksi terhadap suatu transaksi, kejadian tersebut mengakibatkan kemungkinan transaksi yang telah dibuat lupa di buatkan jurnal, cara yang cepat anda dapat membuat jurnal untuk transaksi tersebut adalah melalui Menu->Tools->Posting Otomatis kemudian pilih transaksi yang ingin anda posting, misalkan transaksi penjualan dari tanggal awal sampai tanggal akhir kemudian anda klik filter maka dikotak sebelah kiri akan nampak transaksi yang belum dibuatkan jurnalnya, nomor-nomor ini anda masukan kesebelah kanannya kemudian tekan tombol Posting. Sebaliknya anda bisa juga membuat unposting jurnal yang sudah dibikin dalam tanggal tersebut kemudian tekan tombol Filter dan pilih tombol UnPosting. [i]Harap dimengerti apabila anda salah mengerti tentang tombol Posting dan UnPosting maka akan terjadi jurnal double ataupun jurnal yang sudah dibuat dihapus.[/i]

7. Menambahkan termin pembayaran

Anda bisa membuat sendiri termin pembayaran untuk transaksi penjualan atau pembelian, misal 10 Hari, 15 Hari dan lain-lain. Daftar termin ini dapat anda buat dengan Menu->Tools->Options->Setting: Financial kemudian anda pilih tombol Termin Pembayaran, kemudian anda contreng Allow Update, buat termin baru dibaris paling bawah [Type Of Payment] isi 10 Hari, dan kolom [Discount Days] isi 10, untuk menyimpan baris anda perlu memindahkan kursor ke baris diatasnya atau dibawahnya.

8. Bagaimana menambahkan jenis mata uang

SIMAK Accounting mempunyai sistim pencatatan dan transaksi dengan banyak mata uang, untuk mata uang standard sudah disediakan misalnya IDR untuk Rupiah, USD untuk dolar. Namun apabila anda akan memakai mata uang yang lainnya dikemudian hari, bisa anda tambah melalui Menu->Tools->Options->Setting: Financial kemudian anda pilih tombol Daftar Mata Uang Asing, tambahkan dibaris paling bawahnya untuk mata uang yang baru.